-->

Selasa, 24 Februari 2015

Review SIGGRAPH 2013:Implicit Skinning:real-time skin deformation with contact modelling


selamat malam readers, kali ini kita akan membahas tentang SIGGRAPH.
dalam video ini membahas tentang teknik untuk membuat skin pada objek menjadi lebih real dibanding pada metode standar untuk skinning objek.
deskripsi singkat dari teknik skinning adalah sebagai berikut:

metode pertama yg dilakukan adalah metode input:
1.memberi kerangka kepada objek yg akan dianimasikan.
2. memberi warna dan massa pada kulit
3.memberi segmen kepada masing-masing kerangka.

lalu pada tahap ketiga atau pada tahap segmentation, masing-masing kerangka pada objek tadi dipecah lagi kedalam bentuk yg lebih kecil sehingga didapatkan final implicit surface.
seperti pada gambar berikut:
setelah final surface terbentuk maka dilanjutkan dengan fungsi rigidely atau kelenturan pada objek sehingga menyerupai skin asli dari objek yg sedang dibuat tersebut (dalam kasus ini objek adalah sebuah tangan).
hal yang perlu diperhatikan juga pada pembuatan real-skin ini adalah dengan menambahkan tekstur pada objek.

Manfaat dari teknik skinning ini adalah objek yg akan kita animasikan menjadi lebih mendekati bentuk asli atau real karena jika dibandingkan dengan metode standar animasi yg dihasilkan masih kaku, tidak memiliki volume sehingga tidak seperti objek nyata.

ide penggunaan metode ini adalah jika metode ini terus dikembangkan menjadi semakin lebih baik nanti akan dapat diterapkan sebagai media visualisasi dalam pembelajaran disekolah atau bahkan dalam didunia industri perfileman atau game. misalnya dalam dunia sekolah para pelajar tentu dapat lebih mudah memahami maksud dari pelajaran teori jika didukung dengan visualisasi yg real dibanding yg apa adanya atau bahkan hanya dengan membayangkannya saja itu tentu tidak menarik..jika dibantu dengan visualisasi yg sudah mendekati bentuk asli dari objek tersebut maka akan semakin mudah dipahamilah pelajaran tersebut. apalagi jika kita berbicara tentang dunia  perfileman atau game, jsaat ini game-game sudah memiliki kualitas gambar yg bagus..karakter dalam game sudah memiliki ekspresi dan lingkungannya dobuat serealistis mungkin sehingga para gamer tidak merasa bosan untuk memainkan game dengan gambar telah realistis tersebut... teknik ini sangat berguna jika dikembangkan lagi apalagi jika itu dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti penggunaanya kelak didunia pendidikan.

sekian readers pembahasan singkat saya mengenai SIGGRAPH 2013, mari kita ikut andil dalam perkembangan dunia teknologi animasi ini. terimakasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar