-->

Jumat, 23 Desember 2011

PENGEMBANGAN SDA dan SDM DAERAH TERPENCIL

Jika saya menjadi salah satu anggota DPD RI adalah,membuat suatu kerjasama dengan masyarakat setempat untuk memanfaatkan SDA yang ada di lingkungan mereka untuk dijadikan sebagai pemenuh kebutuhan mereka tanpa harus merusak alam, untuk daerah terpencil yang belum memiliki akses listrik mereka dapat memanfaatkan aliran air sungai untuk membuat suatu kincir air sehingga dapat menjadi sumber listrik tenaga air, jika kondisi alam tidak memungkinkan untuk menggunakan aliran sungai masyarakat dapat menggunakan energi alternatif saat ini yaitu dengan biogas. dengan bantuan tenaga ahli dari pusat masyarakat juga dapat diberi penyuluhan mengenai cara memperoleh energi biogas tersebut dan cara mengolahnya sehingga dapat digunakan oleh masyarakat luas.
Setelah masyarakat mempunyai sumber listrik mereka sendiri, mereka dapat membangun daerah secara mandiri sehingga sesuai dengan makna otonomi daerah.Dengan ketersediaan listrik masyarakat dapat mengakses informasi mengenai isu-isu publik yang dapat menambah wawasan mereka,masyarakat tersebut dapat melakukan komunikasi antar mereka dengan adanya ketersediaan listrik dan sarana komunikasi lainnya.

Selain itu,peningkatan kualitas SDM akan lebih saya perhatikan lagi dengan cara mengadakan pembangunan sekolah-sekolah, serta mengusahakan untuk memperkecil jumlah anak putus sekolah.saya akan mengadakan pendekatan kepada orangtua siswa mengenai pentingnya bersekolah untuk anak-anak mereka karena pada dasarnya mereka adalah generasi penerus daerah mereka secara khusus nantinya, merekalah yang akan memberikan kontribusi kepada daerahnya nanti.Pendekatan-pendekatan tersebut akan dilakukan secara sistematis dan bertahap.
Selain itu peningkatan kualitas tenaga pendidik juga akan saya jadikan prioritas untuk memperlancar tujuan saya yang ingin memperbaiki kualitas SDM masyarakat terpencil,memperbanyak jumlah tenaga pengajar ke daerah terpencil tersebut sehingga siswa tidak perlu khawatir kekurangan guru.
Itu adalah hal-hal yang akan saya lakukan nanti jika saya dapat menjadi salah satu anggota DPD RI,saya akan sangat merasa terharu dapat berguna bagi daerah asal saya secara khusus dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat terpencil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar